Minggu, 07 Juni 2015

Error Prevention – shopious.com

Error Prevention adalah sistem didesain sehingga mencegah pengguna melakukan kesalahan dalam penggunaan sistem. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan pilihan konfirmasi.

Berikut ini beberapa kesalahan yang saya amati dari website shopious.com berdasarkan prinsip Error Prevention.

1. Tidak ada konfirmasi ketika pengguna membuat akun

Pada website shopious.com, ketika pengguna ingin membuat akun maka pengguna akan dialihkan ke halaman buat akun. Ketika pengguna memasukkan database dengan email yang salah, lalu pengguna memilih “Daftar”. Pengguna tetap berhasil membuat akun walaupun email yang dimasukkan salah. Hal ini dikarenakan tidak adanya konfirmasi pendaftaran. Pengguna tetap dialihkan ke halaman dimana pengguna telah berhasil login dan pengguna juga bisa melakukan update profil.

Gambar 1  Halaman ketika pengguna membuat akun dan memasukkan email yang salah

Gambar 2  Pengguna telah berhasil membuat akun dan login tanpa adanya konfirmasi pendaftaran

Gambar 3  Pengguna dapat melakukan update profil walaupun email yang dimasukkan salah dan tidak ada konfirmasi pendaftaran

Solusi dari permasalahan diatas adalah sebaiknya ketika pengguna melakukan pendaftaran akun, adanya konfirmasi melalui email dengan cara sistem mengirim kode verifikasi. Pengguna harus memasukkan kode verifikasi tersebut jika ingin melanjutkan pendaftaran akun. Jika email yang dimasukkan salah maka pengguna tidak akan bisa melakukan pendaftaran akun, karena tidak ada kode verifikasi yang dikirim oleh sistem.

Dalam hal ini severity rating adalah 3.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

2. Kesalahan yang tidak terdeteksi ketika pengguna memasukkan id yang salah pada pendaftaran toko

Pada website shopious.com, ketika pengguna ingin mendaftarkan toko untuk di promosikan barang-barangnya, maka pengguna harus memasukkan id instagram toko. Namun, terdapat kesalahan pada sistem ketika pengguna memasukkan id instagram yang salah/tidak sesuai. Sistem tetap memproses permintaan pengguna walaupun id Instagram yang dimasukkan tidak benar.

Gambar 4  Tampilan awal sebelum pengguna memasukkan id instagram

Gambar 5  Tampilan ketika pengguna memasukkan id instagram yang tidak sesuai

Solusi dari permasalahan diatas adalah sebaiknya sistem mempunyai konfirmasi kebenaran dari id yang dimasukkan oleh pengguna. Sistem dapat ditambahkan form berisi email dan nomor telepon jika pengguna ingin mendaftarkan toko pada website tersebut. Sehingga pengguna juga tidak asal memasukkan id instagram saja.

Dalam hal ini severity rating adalah 2.

Sekian pembahasan saya mengenai Error Prevention dari website shopious.com. Terima kasih.

1 komentar:

  1. Memang error preventation merupakan suatu hal yang mendasar namun sangatlah penting untuk sebuah website agar pengguna menjadi tidak kebingungan.

    BalasHapus